-->
Tunggu, sedang memuat. . .

cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer

cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer – sebelum ke inti artikel saya akan cerita sedikit tentang teman saya yang mengalami sedikit masalah tentang harddiks lamanya. Harddiksnya tersebut rusak karena jatuh dari lemari. menyebabkan hardiks tersebut tidak mau masuk atau tdak terbaca di komputer. mungkin sobat sekarang juga mengalami demikian.

cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer

Cara memperbaiki Harddisk yang tidak terbaca di Komputer

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan harddiks internal maupun eksternal tidak mampu melakukan read write atau tidak tidak terbaca dengan baik di sebabkan karena adanya bad sector, crash file atau kerusakan fisik. Kalo kerusakan fisik itu seperti yang teman saya alami yaitu jatuh dari tempat ketinggian sehingga ada beberapa komponen pecah, slot SS kabel rusak karena di cabut paksa, port usb berkarat atau rusak dan IC trigger tidak berfungsi lagi. Kalau kerusakan di sebabkan crash file itu penyebabnya biasanya saat sedang melakukan copy paste data itu belum selesai tetapi handheld tercabut atau di cabut paksa, ada juga saat instal software dari harddiks tersebut ngehang sehingga proses instal berhenti ditengah jalan, Terserang virus, dll. Kesimpulannya adalah adanya bad sector yaitu suatu skema recording proses yang gagal sehingga menyebabkan tidak tersimpannya dengan baik di alamat masing-masing head dari pada harddiks.
Sector tersebut tidak memberi respon ketika dibaca oleh head-nya hard disk. Bad sector tidak hanya terjadi pada hard disk tradisional dengan piringan magnetik yang bisa berbunyi tik-tit-tik-tit itu, tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD (Solid State Drive).
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena harddisk anda dapat terbaca kembali dengan mudah. Namun menurut rekomendasi saya silahkan baca artikel ini dari awal sampai habis agar tidak terjadi kesalahan mengenai urutan-urutan solusinya.
Jenis-jenis dan Macam Bad Sectors :
Harddiks yang memiliki bad sector umumnya terbagi menjadi dua kemungkinan. Pertama bad sector logical yang masih bisa di perbaiki dan kedua bad sector secara fisik yang tidak bisa lagi di perbaiki.

Perbedaan dari setiap jenisnya yaitu seperti di bawah ini:
  1. Bad sector fisik itu terjadi karena memang secara fisik sebuah atau beberapa cluster di hard disk rusak. Bisa karena debu yang terus menempel, aus, atau karena hard disk tersebut memang mengalami kerusakan yang bisa merusak cluster pada piringan magnetik-nya. Kerusakan sektor hard disk seperti ini tidak bisa diperbaiki.
  2. Logical bad sector terjadi ketika cluster di dalam hard disk tampak seperti tidak bisa digunakan karena ketika dibaca oleh operating system atau OS, ia terbaca adanya ECC (error correcting code) yang tidak sesuai dengan isi sektor tersebut. Bisa diartikan sebagai suatu kekeliruan oleh OS. Biasanya sector tersebut ditandai sebagai bad sector. Kalau yang ini kita masih bisa berharap menyelamatkannya dengan menulisi tempat yang ada bad sector-nya tadi dengan 0. Windows Disk Check tool bisa memperbaiki bad sector tipe logical.
Nah, setelah anda mengetahui semua yang berkaitan dengan harddisk yang rusak, selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips dan langkah secara terurut untuk anda kerjakan terlebih dahulu. Selemat Mencoba ya teman-teman, namun data anda bisa jadi terselamatkan dan aman jika memang kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah. Namun jika kerusakan bad sectors sudah Level 5 keatas, itu tandanya harus dibuat ulang harddisknya alias diputihkan dan disucikan lagi menjadi Baru.
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
Tutorial 1Memperbaiki Hard Drive dengan Check Disk
Sebelumnya, perlu di ingat, sebaiknya sambungkan hard disk sebagai external drive ke PC yang normal, dan coba ikuti langkah-langkah berikut ini:
  •  Kalau muncul kotak dialog yang mengatakan bahwa drive kamu itu perlu diformat, klik “No”, ini sangat krusial, kalau sampai terlanjur klik “Yes”, maka selesailah sudah data anda akan hilang. Nanti pada tahap selanjutnya akan sulit lagi, dan kalaupun berhasil, akan banyak data yang gagal atau corrupt.
  • Klik ‘Start’, pilih ‘My Computer’ atau ikon ‘Computer’. akan muncul drive dari hard disk yang baru kamu colokkan tadi. Klik kanan pada drive-mu, pilih ‘Properties’. Kalau ternyata tidak terbaca atau tidak mucul hard disk-mu, lompat ke langkah ke 5.
  • Nah, akan muncul window yang menampilkan propertinya. Klik pada tab ‘Tools’
  • Pilih ‘Check Now’ di bawah ‘Error Checking’ untuk mulai melakukan pemeriksaan error pada hard disk-mu. Centang pada window pop-up yang berisi pertanyaan apakah kamu mau Windows membetulkan error yang ditemukan. Centang juga pada kotak yang berisi ‘Scan for and attempt recovery of bad sectors’. Klik ‘Start’. Jika kemudian Windows memberitahu bahwa hard disk tidak terbaca dan perlu di format, klik ‘No’.
  • Kalau langkah-langkah tadi gagal juga, sekarang kita pakai command prompt. Klik ‘Start>>Run>>CMD’ atau ketik saja ‘CMD’ setelah klik ‘Start’.
  • Akan muncul window dari Command Prompt seperti ini:
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
  • Sekarang ketikkan nama dari drive kita yang rusak tadi dengan menambahkan tanda titik dua. Jadi misalnya hard disk yang rusak tadi ada di drive F, maka ketikkan ‘F:’ lalu tekan Enter. Karena hard disk itu rusak, maka biasanya akan muncul peringatan ‘The System Cannot Find the Drive Specified.’
  • Selanjutnya terakhir, ini adalah bagian langkah kuncinya. Ketikkan ‘chkdsk’ di command prompt, tunggu beberapa saat sampai selesai proses deteksi error hard disknya. Biasanya cepat tergantung banyaknya data simpanan yang pernah diproses pada hard disk. Jika error-nya ditemukan, Windows akan menawarkan pilihan untuk memperbaikinya. Pilih ‘y’.
  • Selesai
Tutorial 2 Memperbaiki Harddisk dengan Update Driver
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
Driver adalah perangkat software yang paling penting untuk menghubungkan fungsi dari mekanisme kinerja perangkat keras (hardware). Bisa jadi driver yang sudah tertanam pada hard drive anda itu sudah rusak atau tidak valid. Mari kita update terlebih dahulu.
  • Masuk ke Device Manager. Caranya klik Start, lalu pada bagian Computer anda lakukan klik kanan pilih Properties. Atau bisa juga melalui Control Panel. Umumnya device Manager dapat dengan mudah ditemukan apabila dicari.
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
  • Pada bagian disk drive seperti gambar diatas, terdapat 2 buah harddisk yang satu adalah yang digunakan dan yang satu lagi harddisk eksternal kita. Pada bagian merk hard disk eksternal tersebut, klik kanan dan pilih “Uninstall”.
  • Setelah anda Uninstall drivernya silahkan cabut hard drive anda lalu colokkan kembali ke komputer / laptop.
  • Lalu setelah ditancapkan tunggu hingga proses pembacaan driver default selesai, sama seperti langkah awal lalu klik Update Driver bukan Uninstall.
  • Maka driver hard drive anda sudah diupdate.
Tutorial 3 Memperbaiki Harddisk dengan Spinrite (Status Advanced)
Tutorial kali ini yaitu saya dapat dari ahlinya teknisi komputer, jadi kamu bisa mempraktekkan secara serius dan benar. Apa saja sih alat yang dibutuhkan dalam proses ini ?
CD / DVD / Flashdisk (kosong)
Download Software Spinrite
Komputer / Laptop
Unduh EasyBCD (Untuk setting bootable ke CD / Flashdisk)
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
1. Install aplikasi SpinRitenya terlebih dahulu ke komputer kemudian buka, lalu pilih “Create ISO or Image File” (menu ini untuk yang ingin menggunakan CD buat memperbaiki hardisknya)… kalo file isonya sudah jadi langsung diburn ke CD pake nero , daemon tools, burning lite atau apalah pokoknya sama software untuk burning CD.
Sedangkan yang ingin pakai flashdisk pilih “Install SpinRite on Drive” kemudian tahan tombol huruf di keyboard yg sesuae dgn huruf drive flashdisk agan2 dan tekan Install Bootable SpinRite… tunggu sampe proses selesai kemudian tekan close.
cara memperbaiki harddisk yang tidak terbaca di komputer
Setelah aplikasi dimasukkan ke CD / Flashdisk maka alat tempur sudah siap.
3. Restart komputer anda.
4. Silahkan anda masuk ke BIOS terlebih dahulu. Biasanya kalau di PC kebanyakan tekan tombol Delete / DEL buat masuk menu bios…
5. Pilih menu boot kemudian pilih menu booting devices… sesuaikan dengan alat yang agan pake… kalo agan pake CD y bootingnya disetel lwt CD-ROM (CDnya tadi hrs dimasukin ke CD-ROMnya y soalnya kalo g y sama aj bohong. Kalau pake flashdisk silahkan pilih USB drive, first boot nya.
Dan kalau memakai flashdisk, pilih menu hardisk priority di bawahnya booting device (kalo ngga salah soalnya saya belum sempat masuk bios buat ngecek itu ) terus hardisk pertama diganti ke flashdisk… kalau sudah langsung exit bios & saving. Tekan F10 pilih yes untuk save.

Sumber ; giribig.com
Facebook CommentsShowHide

0 komentar