Tunggu, sedang memuat. . .

Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Meningkatkan Kinerja laptop



Bagi kamu yang mempunyai laptop atau computer yang lemot, kamu jangan dulu frustasi dan menganggap bahwa computer yang kamu miliki sekarang sudah jadul dan harus di ganti ulang.
Permasalahan kinerja laptop yang tidak setabil memang menjadi hambatan yang cukup bikin jengkel, apalagi di kejar deadline, tugas numpuk, buat makalah harus di kumpulin besok, di marahin bos karna telat kerja karena laptop hang. 

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja latop atau computer kamu tidak maksimal.
Misalnya terkena virus, terlalu banyak program kerja sedangkan spek laptop tidak mumpuni dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa tips yang sudah rangkum menjadi satu, sebagian dari pengalaman sendiri dan sebagian lagi saya dapat referensi dari internet.

Terlalu Banyak Program Terinstal

Ibarat RAM laptop atau computer kita itu adalah gerobak, jika gerobak terlalu banyak beban untuk mendorongnyapun kita harus kerahkan tenaga ekstra.
Solusi terbaik adalah mengurangi beban gerobak agar saat mendorongnya kita nggak kualahan. Kalo untuk mengurangi beban gerobak kita bisa turunkan semua barang yang ada di gerobak tapi kalo di computer beda lagi caranya.

Saat computer pertama kali di aktifkan ia akan menjalankan banyak program sehingga untuk laptop spek kecil hal tersebut menjadi masalah, solusinya kamu bisa uninstall program yang tidak begitu penting.
Atau kamu juga bisa mendisablekan aplikasi agar tidak berjalan saat pertama kali di computer di hidupkan, caranya dengan menggunakan software CCleaner.

mengatasi laptop lemot
Tampilan Layar Software CClearner untuk Nonaktifkan Software Starup
Buka Software CCleaner >tools>Starup. Di sana ada aplikasi yang selalu berjalan ketika kita aktifkan computer pertama kali, Klik aplikasi yang di pilih dan kemudian di bagian kanan atas klik disable.

Spesifikasi Komputer Rendah

Kadang kita sudah tau kalo computer kita nggak akan mampu untuk install aplikasi berat tapi tetap memaksakan untuk menginstallnya, hal tersebut dapat membuat kinerja computer menurun drastis. Saran saya sebelum install suatu aplikasi atau game kita perhatikan dulu spesifikasi yang mendukung jalannya game atau aplikasi tersebut, biasanya di tulis dengan ‘’system requirement’’.

Komputer Terlalu Jadul

Ini adalah permasalahan umum yang sering terjadi di Indonesia, solusinya kamu harus mengupgrade spek computer kamu usahakan processor sudah dual core dan minimal ram 2gb.

Virus

Berbicara tentang virus nggak ada habisnya, virus computer itu sangat mengganggu dan merusak computer yang kita miliki. Ada juga virus yang khusus untuk memperlambat kinerja suatu computer dengan cara menggandakan diri sebanyak mungkin setelah itu ia akan menjalankan program secara bersamaan.

Tentu saja hal tersebut dapat membuat computer kita lemot bahkan hang walaupun spek computer kita udah tinggi, cara mengatasinya dengan download anti virus terbaru favorit kamu dan jangan lupa update setiap ada list virus terbaru.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar