Tunggu, sedang memuat. . .

Sejarah Komputer dari 5 Generasi Lengkap

Komputer13 - Berikut adalah sejarah perkembangan komputer dari awal sampai akhir mulai generasi pertama sampai generasi kelima. Zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dulu yang memang masyarakat belum terlalu kenal dengan komputer tapi berkembangnya zaman membuat masyarakat tahu dan ingin lebih mengenal komputer karena kecanggihan dan manfaat yang di berikannya. Menurut Wikipedia Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komponen Komputer ada banyak yaitu Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa Printer komputer sendiri sudah bisa di operasikan karena printer adalah sebagai pencetak data di monitor menjadi dalam bentuk tinta yang bertempel di kertas.
Dalam berkembangnya komputer. Komputer sendiri mempunyai lima generasi yang sampai sekarang terus berkembang pesat. berikut adalah sejarah perkembangan Komputer

Komputer Generasi pertama

komputer generasi pertama - sejarah perkembangan komputer
Gambar Komputer pada tahun 1941

Waktu terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat tersebut berusaha mengembangkan komputernya untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer itu sendiri. Hal ini menyebabkan meningkatnya pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer yang di beri nama Z3, Z3 tersebut di desain untuk pesawat terbang dan peluru kendali.

Begitu juga dengan pihak sekutu, membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Pada Tahun 1943, Inggris membuat komputer Khusus untuk memecah kode rahasia yang di beri nama Colossus. Pada akhirnya Colossus di gunakan untuk memecah kode rahasia yang digunakan Jerman. Tapi dampak pembuatan Colossus tersebut tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dizaman tersebut dikarenakan dua alasan. Pertama, Komputer Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Di sisi lain Amerika Serikat menghasilkan kemajuan lain dari komputer. Howard H. Aiken (1900-1973), insinyur Harvard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah AS dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW.

Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. bisa di katakan ENIAC adalah komputer paling cangih di masa tersebut

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam membangun konsep desain komputer yang memakan waktu hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini bisa membuat komputer berhenti sesaat dan bekerja lagi pada waktu yang di tentukan. Kunci utama arsitektur Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang bisa membuat seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.

UNIVAC di miliki oleh badan sensus AS dan GE atau General Electric. UNIVAC tersebut berhasil memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam Pemilihan presiden pada tahun 1952. Prediksi tersebut adalah salah satu hal yang paling mengesankan sejak UNIVAC di ciptakan

Komputer Generasi Pertama memiliki karakteristik tersendiri yaitu ;
1. Intruksi di buat secara spesifik hanya untuk satu tugas tertentu
2. memiliki tube vakum (untuk lebih jelas mengenai tube vakum bisa anda baca disini) sehingga komputer pada masa tersebut memiliki ukuran yang sangat besar.
3. Memiliki silinder magnetik untuk menyimpan data yang sangat besar

Komputer Generasi kedua
komputer generasi kedua - sejarah komputer
Komputer Generasi Kedua

Sejarah perkembangan komputer
generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya mengubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer kurang lebih pada tahun 1956-an. Penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer Generasi kedua memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama besar di banding Komputer generasi pertama
  • Sirkutinya adalah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak daya listrik
  • berorientasi dan di gunakan untuk bisnis dan teknik 
  • Proses operasi sudah cepat

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga


komputer generasi ketiga

Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul pada tahun 1965-1971-an. Transistor dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi keempat
Komputer Generasi keempat

Setelah IC diciptakan, perkembangan komputer semakin jelas dan pesat. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan yang besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  • Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

Komputer Generasi Kelima
Komputer Generasi Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Sumber ;  master-seo , wikipedia
This Is The Oldest Page
Facebook CommentsShowHide

0 komentar